AnggaranBelanjaKeuangan Pribadi

Rekening Bank Paling Menguntungkan, Inilah Pilihannya!

rekening bank

Rekening bank sudah jadi kebutuhan primer saat ini untuk mendukung aktivitas transaksi. Tapi, tidak semua rekening bank menguntungkan. Mana yang paling oke?

Ada berapa banyak rekening bank yang kamu punya? Zaman sekarang, rasa-rasanya agak susah, ya, kalau kita tidak memiliki rekening bank. Mau nerima gaji/honor, belanja online, mau bayar SPP anak, mau kirim uang ke orang rumah, dan sebagainya.. ya semua butuh rekening bank. Kalau ga punya rekening bank, berasa hidup di dunia lain ga, sih? Haha.

Saya sejauh ini punya 5 rekening, walau tidak semuanya aktif saya gunakan. Pertama, rekening Bank BNI. Ini rekening bank pertama sejak masih kuliah. Rekening ini juga sudah bertahun-tahun menjadi rekening utama mulai dari payroll, transfer sana sini, belanja, semua-mua deh. Fitur yang paling saya sukai adalah fitur pembukaan deposito online yang sangat mudah cukup lewat mobile apps. Tapi, sejak ada rekening bank lain yang lebih oke, saya mendormankan rekening BNI ini. Alasan lain, saldo minimalnya gede aja Rp150.000! Itu gede sih kalau dibanding bank lain yang masih kisaran Rp50.000 bahkan bisa nol saldo. Selama berbelas tahun jadi nasabah pun, hampir ga pernah dapet benefit apapun… sekali-kalinya dapet kartu kredit Visa Platinum tanpa pengajuan dengan limit besar. Udah, itu doang :))

Kedua, rekening Bank Commonwealth. Ketika saya mulai belajar investasi reksa dana, saya buka rekening bank asal Aussie ini. Soalnya, di Commwealth ada banyak pilihan reksa dana yang bisa dibeli dalam jumlah ritel dibanding bank-bank lain. Waktu itu, rekening Commwealth masih memberi free biaya transfer dan biaya tarik tunai. Ini tentu untuk mendukung keberadaan ATM mereka yang terbatas. Tapi setelah berapa lama, biaya-biaya gratis itu dihilangkan (kalau sekarang, saya udah ga update lagi apakah masih bayar atau ada gimmick lagi). Ditambah lagi, pilihan membeli reksa dana bisa di tempat lain yang lebih lengkap. Akhirnya, rekening ini saya dormankan juga.

Ketiga, rekening Bank Permata Syariah. Punya rekening ini karena kantor saya yang terakhir memakainya sebagai rekening payroll. Sekarang, karena saya sudah tidak di kantor tersebut, rekening ini saya biarkan dorman (tentu saja setelah saya kuras isinya hingga minimal, ha ha). Mobile apps Permata sebenarnya oke, sih… dan saya sempat autodebet reksa dana juga di sini. Kalau fitur lain, so – so aja. Minus lain, ATM-nya jarang, cyn.

Keempat, rekening Jenius BTPN. Rekening bank favorit saya sampai hari ini. Beneran, ku sungguh merasa diuntungkan dengan rekening bank kekinian ini. Mulai dari buka deposito online, buka tabungan rencana, isi e-wallet bebas biaya, bebas tarik tunai di ATM mana pun, bebas biaya transfer kemana pun. Widiiiiih. Nanti kita bahas lebih jauh apa saja kelebihan rekening Jenius ini, yaaaa. Sekarang rekening Jenius ini menjadi rekening utama saya, menggusur BNI, hihi.

Kelima, rekening BCA. Buka rekening ini sebagai tandemnya Jenius karena saya berniat mematikan rekening BNI. Kalau ngomongin BCA, ya, semua sudah paham lah ya keunggulannya kek mana sebagai bank yang kuat di layanan transaksi…. inovasinya pun hampir selalu selangkah di depan yang lain-lain.

Di luar rekening-rekening tersebut, masih ada rekening dana nasabah (RDN) di aplikasi sekuritas yang saya miliki. BCA juga, cuma tidak dilengkapi dengan kartu ATM karena ini emang rekening khusus untuk transaksi di pasar modal. Jadi, dari 5 rekening yang pernah saya miliki, cuma dua saja yang aktif saya gunakan saat ini yaitu Jenius dan BCA ditambah RDN untuk aktivitas transaksi. Dua rekening sejauh ini sudah memadai dalam mendukung aktivitas transaksi saya sehari-hari.

Nah, sekarang ini, kan, sedang panas-panasnya persaingan bank memberikan layanan digital banking ke nasabah. Terlebih dengan keberhasilan Jenius membawa rekening bank ke next level, bank-bank lain pun berlomba memberikan fitur dan teknologi terbaik baik melalui tampilan apps maupun gimmick lain yang tak kalah seru. Sebut saja Digibank dari Bank DBS, disusul kemunculan rekening-rekening e-wallet kayak OVO, Go-Pay, Dana, dan sebagainya. Wuih meriah!

Mencari rekening bank paling oke dan menguntungkan

Apa saja kriteria yang bisa kita pakai bila hendak memilih rekening bank yang paling oke dan menguntungkan? Berikut ini beberapa kriteria yang bisa digunakan:

  • Mesin ATM banyak tersedia

Guna rekening bank atau rekening tabungan adalah untuk menyimpan dana tunai yang sewaktu-waktu bisa kita ambil dengan mudah. Kan, males, ya, kalau punya rekening bank tapi giliran mau ambil uang, harus ribet nyari ATM-nya. Atau, kalau enggak, harus rela membayar biaya tarik tunai di ATM Bersama atau ATM bank lain. Paling males, kan, kalau punya rekening bank tapi giliran mau ambil uang, ribet nyari ATM kesana sini.

  • Aplikasi mobile banking lengkap

Hampir semua bank sudah menyediakan aplikasi mobile banking. Tapi, tidak semuanya memiliki fitur lengkap. Jadi, kalau mau cari rekening bank yang oke, pastikan kita memilih yang aplikasi mobile banking-nya oke. Oke itu ukurannya gimana? Kalau bagi saya, bila apps mobile banking itu sudah bisa digunakan untuk berbagai fungsi di luar transaksi biasa. Jadi, selain bisa untuk transfer kemana-mana, bisa juga untuk buka deposito atau tabungan rencana online, bisa untuk beli reksa dana atau obligasi, bisa juga untuk isi dompet elektronik atau e-wallet, dan sebagainya.

  • Gak pelit kasih benefit

Pada dasarnya, ketika kita menempatkan dana kita di bank, bank memanfaatkan uang itu untuk mendukung fungsinya sebagai lender atau penyedia pinjaman. Contoh gampang, kita naruh uang di deposito, dikunci selama 6 bulan, itu sebenarnya kita bertindak sebagai lender atau pemberi pinjaman di mana uang kita akan digunakan bank untuk menyalurkan kredit. Sebagai imbal hasilnya kita diberikan bunga dengan tingkat tertentu. Poin saya, jangan mau gratis-gratis aja naruh duit di bank, heheheh. P

Pilih rekening yang banyak kasi keuntungan. Misalnya, untuk saldo tertentu, kamu dibebaskan dari biaya transfer atau biaya administrasi bulanan… semacam itulah..

  • Minimal saldo kecil saja

Rata-rata rekening bank saat ini mensyaratkan minimal saldo antara Rp50.000-Rp100.000… jarang yang bisa nol saldo. Besar minimal saldo juga bergantung pada jenis rekening. Misalnya, rekening gold atau platinum yang memiliki banyak kelebihan fitur (seperti batas penarikan tunai lebih besar dalam sehari), kadangkala mensyaratkan minimal saldo yang juga gede. Yang pasti sih, hindari milih rekening bank yang fitur dan keuntungannya biasa saja tapi syarat minimal saldonya gede. Malesin banget itu (curcol, wkwk).

Perbandingan 4 rekening bank favorit

Saya ingin bandingin 4 rekening bank aja, ya, untuk melihat mana yang lebih oke dan paling menguntungkan bagi pengguna. Dari hasil survei singkat di IG Story saya @mayruisa, muncul 4 nama bank yang banyak disebut-sebut keunggulannya yaitu BCA, Jenius BTPN, Digibank DBS dan Permata.

Rekening BCA

Rekening BCA selalu muncul disebut-sebut bila ada obrolan tentang rekening bank favorit. Ada banyak keunggulan rekening BCA, yang pasti kamu udah banyak tahu. Coba kita listing:

  1. ATM di mana-mana, nyaris tiap 500 meter kali, hahaha.
  2. Hampir semua orang punya rekening BCA, jadi kalau mau transfer ga perlu mikirin fee transaksi :p
  3. Customer Service HaloBCA, mudah diakses ga cuma lewat telpon, tapi juga lewat Whatsapp, twitter, webchat, email juga hotline via nomer ponsel.
  4. Aplikasi mobile banking-nya oke punya. Walau menurut saya tampilannya konservatif, biru tua yg agak membosankan, tapi mobile apps BCA cukup lengkap fiturnya. Bukan cuma bisa untuk transfer, payment utilities kayak bayar CC, BPJS, asuransi, dsb; ada juga menu e-commerce untuk beli voucher isi ulang, pulsa listrik, dan lain-lain, ada juga fitur cardless yang memungkinkan kita bertransaksi mulai dari tarik tunai di ATM, setor tunai di mesin ATM juga transaksi di cabang. Ada juga fitur QR untuk transaksi tinggal scan tanpa memasukkan nomer rekening. Plus fitur terbaru yaitu BCA Keyboard di mana kita bisa transaksi cukup dengan ketik perintah layaknya chatting. O, ya, rekening BCA juga punya BCA One Klik di mana kita bisa isi ulang saldo Gopay langsung di aplikasi, tapi ada biaya Rp1.000 per transaksi.
  5. Minimal saldo Rp50.000 yang sudah dipotong lebih dulu di awal kita buka rekening. Sehingga, untuk transaksi ke depan, saldo bisa dibiarkan sampai 0 rupiah, hehe.
  6. Cumaaa, saya belum nemu ada fitur investasi reksa dana atau beli obligasi gitu di mobile apps. Untuk menu-menu pembelian produk investasi hanya bisa diakses melalui KlikBCA, internet banking-nya.
  7. Promo kartu debit BCA juga bejibun. Misal, free upsize di Sbux, Informa, dan banyak lagi yang lain, sila langsung cek promo BCA.

Jenius BTPN

Si pendatang baru yang langsung meroket. Rekening Jenius dari Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) baru diluncurkan pada Agustus 2016. Tapi, pamor rekening ini langsung melesat bak roket. Ku termasuk penggemarnya, hehe. Keunggulannya banyak, coba dilisting di sini:

  1. Buka rekening Jenius ga perlu ke kantor bank. Semua bisa lewat online, tinggal ntar ada petugasnya yang datengin kita untuk tanda tangan basah dan keperluan penyerahan dokumen. Banyak outlet di mal, jadi bisa buka pas lagi jalan-jalan belanja.
  2. Mobile apps-nya oke banget. Warnanya biru terang, enak dipakai. Fiturnya cukup lengkap. Ada $Cashtag, nama rekening pengganti nomor rekening, Pay Me untuk kirim permintaan uang pada saudara atau teman cukup pakai $Cashtag, nomer ponsel atau email. Split Bill, fitur bagi tagihan; E-Wallet di mana kita bisa daftarin semua dompet elektronik yang kita punya mulai dari Gopay, OVO, Linkaja, MTix, dsb. Jadi pas reload, tinggal klik aja gitu. Ada juga fitur Jenius Keyboard yang memungkinkan kita transaksi tanpa buka aplikasi, cukup mengetik lewat Jenius Keyboard aja.
  3. Fitur Save It-nya juara. Kita bisa buka deposito online di rekening Jenius (Maxi Saver), bisa juga buka tabungan rencana (Flexi Saver) dan Dream Saver, tabungan untuk rencana keuangan tertentu.
  4. Yang paling saya suka juga adalah: bebas biaya transfer antar bank dan bebas tarik tunai di ATM mana saja. Ini biasanya ada kuotanya. Untuk saldo minimal Rp1 juta-Rp9,9 juta, kita dapet 15x gratis biaya transfer dan 5x gratis tarik tunai. Untuk saldo Rp10 juta ke atas, kita dapet 25x gratis biaya transfer dan 25x gratis biaya tarik tunai.
  5. Plus lain yang oke punya: Jenius menggratiskan biaya administrasi bulanan, biaya ATM, biaya lain-lain yang biasanya umum dikenakan oleh rekening bank di luar sana… Asyik banget! Makanya ini favorit saya banget 🙂
  6. Promo Jenius juga lumayan banyak. Ada cashback kalau kita isi saldo tiap hari Senin, diskon Jungle Land, dan sebagainya. Bisa cek daftar promo Jenius langsung di situ, ya.

Digibank DBS

Saya tidak punya rekening ini. Akan tetapi beberapa teman saya memilikinya. Sejauh ini keunggulannya apa aja, ya? Berikut beberapa di antaranya:

  1. Gratis biaya transfer antar bank dan biaya tarik tunai di ATM mana saja tanpa batas kuota. Berapapun nilai saldo kita. Wuidih, mantap yak.
  2. Rekening bank ini menyediakan pula fitur pembukaan deposito online dengan syarat dana minimal cukup rendah yaitu mulai Rp5 juta… rata-rata bank syaratnya Rp10 juta kalau gak Rp8 juta…
  3. Ada fitur Spending Tracker yang memudahkan kita tracking pengeluaran. Jadi, ga perlu download aplikasi money manager di Google Playstore ataupun AppStore lagi.
  4. Bisa topup e-wallet juga dari aplikasi ini, bisa beli obligasi juga, keren juga, kan!
  5. Promo juga lumayan banyak, kamu bisa lihat promo Digibank dan promo lain dari DBS di link tersebut.

CIMB Niaga

Bank yang identik dengan warna merah ini udah lama jadi favorit nasabah bank, terutama anak-anak muda. CIMB Niaga memiliki banyak pilihan jenis rekening dengan keunggulan masing-masing dan spesialisasi nasabah yang disasar. CIMB Niaga membagi segmen pasar produk rekening dia menjadi tiga, yaitu pelajar, keluarga muda dan keluarga mapan. Untuk pelajar misalnya ada rekening Indie Account, untuk keluarga muda ada CIMB Niaga Xtra. Sedang untuk keluarga mapan ada produk seperti Tabungan Mapan dan Tabungan Usaha.

Yang membikin rekening CIMB Niaga banyak jadi pilihan, ini di antaranya:

  1. Dengan saldo rata-rata minimal Rp25 juta, kita diberikan gratis asuransi dengan berbagai manfaat, seperti manfaat rawat inap dengan nilai santunan hingga Rp100 juta. Wow. Saldo segitu juga memberikan benefit berupa bebas biaya transfer antar bank dan bebas biaya tarik tunai. Menarik, sih.. walau lumayan juga kudu jagain nilai minimal saldo segitu, haha. FYI, untuk nilai saldo return-nya cuma 0,25% per tahun. Cimit banget seperti kebanyakan produk tabungan di bank lain.
  2. Ada gratis kuota internet hingga 3 Gigabyte untuk pemegang rekening On Account dengan syarat minimal saldo di atas Rp10 juta.
  3. Promonya banyak juga, bisa dicek langsung di sini, ya.
  4. Aplikasi mobile apps-nya juga oke, dengan Go Mobile dan CIMB Clicks. Selain dilengkapi fitur transfer, bayar berbagai jenis tagihan dan transaksi e-commerce, dua aplikasi itu juga memungkinkan kita membeli reksa dana juga obligasi cukup lewat aplikasi, setor tunai tanpa kartu dan transaksi memakai QR Code.
  5. Rekening CIMB Niaga juga memungkinkan kita membuka deposito secara online dengan syarat dana ringan mulai Rp5 juta. Tak lupa, ada juga fitur membuka rekening tabungan rencana.
  6. Ada reward point yang disebut Poin Xtra yang bisa ditukar dengan berbagai jenis promo diskon. Selengkapnya bisa cek di daftar promo CIMB Niaga.

Nah, rekening mana yang paling juara? Kalau saya sejauh ini paling demen sama Jenius BTPN, hehe. Moga aja semua benefit yang diberikan itu bakal awet dan ga sebatas gimmick sementara 😀

Apa rekening bank favorit kamu? Sharing, yukkkk!

Please follow and like us:

5 thoughts on “Rekening Bank Paling Menguntungkan, Inilah Pilihannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *